Search

[Monday Business (Trend) Proposal] Budaya Berpengaruh ke Significant Suksesnya Strategi Pemasaran

Seminggu ini saya melakukan blasting wa ke seluruh group wa komunitas, saya lagi membuat kuesioner, sebagai bahan penulisan Jurnal LL Dikti yang akan diterbitkan Agustus 2022, saya melaksanakan penelitian dengan judul “Faktor Penentu Kesuksesan Startup Pasca Covid 19 di Indonesia (Studi Kasus: Komunitas Startup)”. Dengan link kuesioner sebagai berikut https://bit.ly/kuesionerkesuksesanstartup


Alhamdulilah, hasil respon pengisian rendah sekali, per satu komunitas yang saya blast, paling 1 – 2 yang mengisi kuesioner per group wa. Lalu sahabat baik bro Pinpin, menyarankan untuk melakukan japri satu – satu anggota group wa, ternyata terjadi peningkatan significant, dan juga terjalin komunitasi serta intimacy, dan saling sharing knowledge. Insight dari learning lesson dari bro Pinpin ternyata berkaitan dengan budaya timur orang Indonesia.


#Budaya

Kepercayaan, nilai-nilai, dan kebiasaan akan diikuti selama mereka memberikan kepuasan kepada anggota masyarakat (Schiftman, et al. 1995). Ketika standar atau aturan tertentu tidak lagi memuaskan anggota masyarakat, hal itu dapat dimodifikasi ataupun digantikan sehingga standar budaya menjadi lebih sejalan dengan kebutuhan pada saat ini. Sehingga budaya secara perlahan namun secara terus-menerus meresap dengan kebutuhan masyarakat.


#Budaya Indonesia

Masyarakat Indonesia, adalah masyarakat sosial yang ingin disentuh secara personal, sehingga ketika kita sebagai pebisnis, perusahaan, startup, menyapa konsumen kita, tidak bisa hanya mengandalkan digital marketing, karena rasio kesuksesannya rendah, maka digital marketing harus selaras dengan aktivitifas marketing intimacy, yaitu pendekatan personal.


Semoga Bermanfaat



Tomi Syavitra, S.Si. MM

1. Startup Founder & Business Partner (Smile Quran, Darul Munir Islamic School by Smile Quran, Roti Soek Padjajaran, DSS)

2. CEO Syavitra SOLUTIONS

3. Startup Management Lecture di Perbanas Institute


2 views0 comments